Pengertian Jabatan/karir Dalam Bidang Keuangan Perusahaan

9 Dec 2015

Akutansi telah mengalami perkembangan pesat ke arah yang sifatnya profesi dalam bidang pekerja,seperti kedokteran,arsitektur,notariat,dan lain-lain. Untuk mewujujudkan cita-cita, maka sebaiknya setiap anak harus di bimbing untuk menentukan pilihan karirnya sedini mungkin, misalnya sejak SD atau SMP. Hal ini sangat penting untuk menuntun dan memfokuskan anak pada cita-citanya,By the way, apakah teman-teman ingin melanjutkan karir di bidang kenuangan.?? Ok, disini saya akan membahas secara singkat 3 opsi pekerjaan impian anda:

  • Staf administrasi keuangan. Setiap kantor atau perusahaan tentunya mempunyai divisi/bagian administrasi keuangan untuk mengatur keluar masuknya keuangan. Namun dalam hal ini, teman-teman di tuntut untuk memiliki latar belakang pendidikan yang baik setidaknya teman-teman harus lulusan S1 di bidang keuangan atau ekonomi.
  • Financial planner. Jalur karir yang kedua yaitu menjadi seorang finansial planner. Tugasnya adalah merencanakan keuangan keluarga atau organisasi/perusahaan agar kebutuhan mereka bisa selalu terpenuhi berdasarkan penghasilan. Untuk mengambil karir inipun teman-teman harus mempunyai sertifikat dan lisensi untuk membangun kepercayaan.
  • Akuntan.menyandang gelar akuntan setelah menyelesaikan pendidikan di fakultas ekonomi bertugas untuk mencatat dan menghitung segala pembiayaan di suatu organisasi dan memberikan laporan kepada pimpinan.

ke tiga karir di bidang keuangan tersebut di atas masih merupakan sebagian gambara kecil saja dari luasnya dunia keuangan, Bagian keuangan lain yang menjanjikan karir di bidang keuangan antara lain:

  • Bendahara
  • Kasir dalam perusahaan(kasir khas masuk,kasir khas keluar,dan kasir kas kecil)
  • bagian anggaran
  • kepala bagian keuangan
  • financial advisor.>>yang memberikan sarn persetujuan
  • teller pada dunia perbankan
  • administrator bisnis

Karir Utama Di Bidang Keuangan

kelompok bidang utama dalam karir dunia keuangan adalah sebagai berikut:

  • Manajemen lembaga keuangan yang mencakup bank,asuransi,lembaga penyimpanan dan pinjaman.dan lembaga kredit, Untuk itulah teman-teman perlu memahami pengetahuan mengenai pasar uang dan modal dengan segala aspeknya.
  • Investasi mencakup pekerjaan marketing sekuritas, analis sekuritas individu, dan analis protofolio
  • Keuangan manajerial mencakup pengolahan keuangan di berbagai jenis perusahaan baik itu perdagangan, jasa maupun manufaktur,baik kecil,menengah maupun besar,baik swasta maupun pemerintah
  • Setelah itu peluang karir manajemen keuangan antara lain yaitu manajer keuangan,management trainee salees,kepala roduksi dan bahan baku,assistant marketing manager,staff adminisstrasi,dan lain lain.

Kegiatan Utama Manajer Keuangan:

  1. Forecasting and planning>> yaitu membuat anggaran dan perencanaan keuangan
  2. Investment and Financing Decision>> yaitu menginvestasikan dan mengambil keputusan keuangan
  3. Coordination and Control>>  yaitu mengkoordinir dan mengawasi pekerjaan di bi bagian keuangan
  4. Interaction with Capital Markest>> yaitu membina hubungan dengan pasar modal

Mnajer keuangan

Tugas meneger keuangan adalah merencanakan untuk memperoleh dan menggunakan dan untuk memaximalkan nilai obligasi

Artikel Terkait Lainya tentang keuangan perusahanan klik di sini

Fungsi Utama Manager Keuangan Antara Lain

Merencanakan,memperoleh dan menggunakan dan untuk menghasilkan kontribusi yang maximum terhadap operasi yang efisien dari suatu organisasi.

Keputusan keuangan yang menjadi tanggung jawab manager keuangan yaitu:

  1. Mengambil keputusan investasi(Investmen decision). Menyangkut masalah pemilihan investasi yang di inginkan dari sekelompok kesempatan yang ada,memilih satu atau lebih alternatif investasi yang di nilai paling menguntungkan
  2. Mengambil keputusan pembelajaran (financng decision). Menyangkut masalah pemilihan berbagai bentuk sumber dana yang tersedia untuk melakukan investasi,memilih satu atau lebih alternatif pembelanjaan yang menimbulkan biaya paling murah
  3. Mengambil keputusan dividen(dividend decision). Menyangkut masalah penentuan besarnya persentase dari laba yang akan di bayarkan sebagai dividen tunai kepada para pemegang saham, stabilitas [embayaran dividen,pembagian saham dividen ddan pembelian kembali saham-saham.Keputusan-keputusan tersebut harus diambil dalam kerangka tujuan yang seharusnya di pergunakan oleh perusahaan yaitu memaksimumkan nilai perusahaan.

Kinerja seorang manager keuangan tampak pada 3 keputusan yang di buatnya.meneger keuangan berkewajiban memuat keputusan pemenuhan kebutuhan modal. ini berartikuantitas dan kualitas modal dari sumber modal tidak di terma bebas masuk serta lantas tersurat dalam pasiva.Hasil dari aktifitas-aktifitas pengaokasian tersebut,senantiasa memberikan profit atau laba.Kemudian sebagian laba kemballi berjalan masuk pasiva dimana sebagian laagi mengisi saku para pemberi modal.

Dengan demikian seorang manager keuangan membuat keputusan-keputusan tentang keberadaan pasiva, keputusan alokasi pasiva pada aktiva,dan keputusan penglolaan laba atau dividen. tiga keputusan telah saya rangkum dalam keberadaanya dengan berprinsip efektif dan efisien, da Manager keuangan perusahaan kredit harus membuat keputusan yang mengalir dari keberadaan pasiva ke alokasi pasiva.


TAGS bisnis entrepeneurship


-

Author

belajar berbisnis dengan berbagai usaha modal kecil yang menguntungkan, menjalankan usaha modal kecil adalah dambaan setiap orang dimana kita di wajibkan untuk terus berusaha dan mengembangkan usaha tersebut supaya bisa menjadi besar

Follow Me